5 Teleskop Paling Besar Di Dunia

5 Teleskop Paling Besar Di Dunia - Beragam prediksi terkait dunia astronomi semakin menggila. Mulai dari penemuan alien hingga penemuan Bumi baru terus bergulir dari berbagai ahli astronomi di dunia. Salah satu alasan dari banyaknya spekulasi positif ini adalah pembangunan teleskop-teleskop raksasa yang tengah dilakukan di berbagai belahan dunia. Pembangunan yang paling menyita perhatian adalah teleskop raksasa yang ada di Chile dan Hawaii.

Untuk membangun teleskop raksasa, berbagai cara ekstrem pun dilakukan, seperti meledakkan gunung. Cara-cara mahal yang dilakukan untuk membangun teleskop-teleskop itu pun diperkirakan sebanding dengan hasil yang akan didapat oleh para ahli di masa depan. Di tahun 2020 nanti, banyak yang memprediksi para ahli astronomi sudah bisa mendapatkan gambar angkasa yang sangat jelas, bahkan jumlah data yang masuk bisa mencapai 1 petabyte atau setara dengan satu juta gigabyte data berisi hasil observasi luar angkasa.

Berikut adalah 5 Teleskop Paling Besar Di Dunia yang akan memasok para ahli antariksa dengan data yang masif yang berhasil dikumpulkan oleh Gizmodo


1. Teleskop Thirty Meter

Teleskop Paling Besar


Salah satu teleskop yang diprediksi menjadi yang terkuat adalah teleskop yang berada di Hawaii, Amerika Serikat, ini. Teleskop berbasis cahaya ini memiliki diameter hingga 10 meter. Teleskop Thirty Meter sendiri melengkapi koleksi teleskop yang dibangun di puncak gunung Mauna Kea, yang saat ini sudah mencapai 12 buah. Pembangunan teleskop ini akan dilakukan pada bulan Oktober nanti.

Teleskop yang akan dibalut dengan aluminium untuk mempertahankan kestabilan suhunya ini diharapkan mampu membuat antariksawan mampu mengamati lebih banyak objek langit yang berjarak sangat jauh dari galaksi Bimasakti. Dengan kemampuannya untuk menangkap cahaya lebih baik ketimbang teleskop raksasa lain, planet-planet tua dan lubang hitam yang terbentuk di masa awal jagad raya bisa dilihat dengan lebih jelas.


2. Teleskop E-ELT

Teleskop Paling Besar

Ingin melihat teleskop yang lebih besar dari Thirty Meter yang berada di Hawaii? Teleskop E-ELT (European Extremely Large Telescope) lah jawabannya. Teleskop yang pembuatannya didanai oleh Eropa ini memiliki diameter hingga 39 meter! Jika selesai dibangun tahun 2020 nanti, E-ELT akan menjadi teleskop terbesar di dunia. Bukan hanya ukuran raksasa saja yang dibanggakan oleh teleskop E-ELT yang kini tengah dibangun di sebuah gurun di negara Chile.

Ukuran cermin raksasa membuat teleskop E-ELT mampu menangkap cahaya 13 kali lebih kuat ketimbang teleskop raksasa yang ada saat ini. Dengan kekuatan sebesar itu, ahli astronomi yakin mereka bisa mengungkap rahasia dibalik dark energy atau energi tersembunyi yang dianggap mampu membuat alam semesta berkembang, termasuk proses evolusi yang terjadi pada galaksi-galaksi.


3. Teleskop James Webb Space (JWST)

Teleskop Paling Besar

Jika dua teleskop sebelumnya berada di darat, maka teleskop raksasa yang satu ini akan beroperasi di luar angkasa. Teleskop JWST rencananya akan diluncurkan oleh NASA pada tahun 2018, setelah sebelumnya dikabarkan akan meluncur pada tahun ini. Tidak seperti teleskop luar angkasa lainnya, Hubble, teleskop JWST dibuat untuk mampu mendeteksi sinar infra merah yang dilontarkan oleh objek-objek luar angkasa.Teleskop JWST memang sengaja dibuat untuk menganalisis proses awal terbentuknya alam semesta.


Kemampuan ini diperkuat dengan cermin utama JWST yang lebih besar hingga 3 kali lipat ketimbang Hubble. Sinar infra merah dipercaya menjadi indikasi panas dari planet luar galaksi. Panas planet dibutuhkan untuk observasi ketika cahaya yang dipantulkan oleh planet-planet itu sulit untuk ditangkap. Teleskop ini pun tidak mendapat pengaruh negatif dari efek distorsi dari Bumi karena didesain untuk terbang di angkasa, tidak hanya melayang di orbit Bumi.


4. Teleskop Giant Magellan

Teleskop Paling Besar

Untuk membangun teleskop berukuran 25 meter ini, sebuah puncak gunung di Las Campanas, Chile, harus diledakkan sekitar dua tahun yang lalu. Namun teleskop Giant Magellan bisa menjadi salah satu teleskop yang bisa segera dipakai untuk mengamati luar angkasa, mengingat saat ini para peneliti telah melakukan penyempurnaan terhadap 7 cermin yang akan dipakai untuk menangkap cahaya oleh teleskop tersebut.

Uniknya, pembuatan dari ketujuh cermin yang dipakai Giant Magellan memakan waktu hingga empat tahun, terutama untuk mendinginkan dan memolesnya agar bisa digunakan secara maksimal. Fungsi utama dari teleskop Giant Magellan hampir sama dengan teleskop darat lain seperti Thirty Meter dan E-ELT, yakni mengamati exoplanet dan proses evolusi yang terjadi pada bintang dan galaksi.


5. Teleskop LSST Chile

Teleskop Paling Besar

Teleskop raksasa yang terakhir ini mungkin menjadi yang terkecil, karena hanya memiliki lebar diameter 8,4 meter saja. Namun jangan ragukan kecepatan observasi dari teleskop bernama lengkap Large Synoptic Survey Telescope ini. Teleskop LSST mampu melakukan pemindaian terhadap seluruh angkasa yang berada dalam jangkauannya hanya dalam waktu beberapa hari saja.

Alhasil, dalam beberapa tahun, para ahli astronomi akan mendapatkan video-video tentang perubahan benda-benda langit yang terpantau oleh LSST. Objek-objek yang telah masuk daftar pengamatan teleskop LSST adalah asteroid, supernova, hingga benda-benda berbahan es yang banyak terdapat di daerah setelah planet Neptunus.

Untuk membangun teleskop LSST, sebuah gunung bernama Pachon di Chile pun harus diratakan dengan cara dibom pada tahun 2011 silam. Sayangnya pembangunan LSST mengalami penundaan seperti kebanyakan proyek teleskop lain milik pemerintah akibat ruwetnya proses birokrasi.


Sumber : merdeka.com




@



0 komentar:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

5 Teleskop Paling Besar Di Dunia